Kalimantan Timur belakangan ramai dibicarakan. Bukan lantaran provinsi terbesar ketiga di Pulau Kalimantan ini mencetak sensasi, melainkan berkat ditetapkannya Penajam Paser Utara, Kaltim, sebagai bakal ibu kota Indonesia yang baru dalam beberapa tahun ke depan.

Tidak sedikit yang mengaku penasaran dengan segala sesuatu yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Mulai dari keadaan alamnya, sejarah, tujuan wisata, hingga kuliner di Penajam Paser yang punya ciri khas tersendiri. Makanan yang populer di wilayah ini tidak lain dan tidak bukan adalah pepes kepiting khas Kalimantan.

Pepes kepiting sudah sejak lama menjadi makanan khas Kalimantan Timur yang paling digandrungi. Bagaimana tidak, rasa daging kepitingnya saja sudah dijamin menggoda selera, apalagi ditambah dengan bumbu cabe dan rempah yang membuat lidah makin bergoyang.

Baca juga: Meski Berbeda Jenis, Ternyata Tahu dan Keju Memiliki Kesamaan

Pepes umumnya berbahan dasar ikan, di mana ikan utuh yang sudah dilumuri bumbu dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Sama halnya dengan cara memasak pepes pada umumnya, pepes kepiting khas Kalimantan juga memakai metode yang sama. Perbedaannya, pengolahan pepes kepiting terkadang dibarengi juga dengan cara membakarnya untuk menghasilkan aroma yang wangi dan sedap.

Kepiting yang digunakan pun bukan jenis sembangan. Biasanya pepes kepiting menggunakan kepiting soka yang memiliki cangkang yang lunak. Pertama-tama, kepiting dibersihkan lalu direbus. Ada kalanya sebelum bumbu-bumbu yang terdiri cabe rawit, kemangi, serai, dan berbagai macam rempah lainnya dicampurkan, daging kepiting dipisahkan dahulu dari cangkangnya. Namun, tidak jarang cangkang kepiting soka juga ikut dimasak dan disantap karena diklaim memiliki nutrisi yang tinggi.

Yummy, sedap sekali bukan membayangkan menyantap pepes kepiting khas Kalimantan yang bikin nagih. Selain pepes kepiting tentu masih banyak lagi makanan khas Kalimantan Timur yang tak kalah lezat. Jangan lupa untuk mencicipi semuanya jika kelak bertandang ke Kalimantan, ya sobat! (IA)

Sumber gambar: kitchenofindonesia.com